Sen. Agu 15th, 2022

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyelenggarakan orientasi wartawan. Dalam hal ini orientasi wartawan angkatan ke-12 dilaksanakan di Gedung Prasada Sasana Karya Jl. Suryopranoto No 8, Jakarta Pusat.

Ketua PWI Provinsi DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah menyampaikan bahwa setiap wartawan harus bisa menulis berita. Sejumlah tahapan harus diikuti oleh wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota PWI. Kemudian, Sayid menegaskan PWI lahir di Solo, Jawa Tengah pada tahun 1946 lalu.

” Dalam hal rekruitmen anggota kami memang melakukan tahapan uji, menulis, dan essay. Wartawan itu harus bisa menulis di bawah kaidah W5+1H,” ujar Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah, Sabtu (25/6/2022).

Selain itu, kode etik jurnalistik yang terdiri dari 11 Pasal juga disampaikan olehnya. Lebih lanjut, pada era digital pedoman media siber pun turut dibahas oleh ketua PWI DKI Jakarta. Adapun mengenai sanksi atau pelanggaran kode etik jurnalistik dilakukan oleh organisasi wartawan atau perusahaan pers.

Termasuk Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999. Ia menambahkan pedoman penulisan ramah anak (PPRA) ditekankan di hadapan seluruh wartawan. Said berharap wartawan bisa mencerdaskan bangsa dan negara. Melalui orientasi wartawan yang diselenggarakan PWI dengan tujuan melahirkan wartawan yang profesional.

” Fokus saya seorang wartawan harus bisa memilih organisasi, karena di era digital kini banyak permasalahan karena menyangkut aspek hukum. PWI akan selektif kita akan memberi pemahaman, peraturan dasar PWI dia harus tahu peraturan pers,” jelas Sayid dengan didampingi sejumlah pengurus PWI lainnya. Dw

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.