Sel. Jun 28th, 2022

Presiden Republik Indonesia akan menemui Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky untuk membahas kehadiran pemimpin kedua negara yang bertikai ini dalam KTT G20.

Menteri Luar Negeri Repulbik Indonesia Retno Marsudi memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah ia mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6) hingga Senin (27/6).

“Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal,” ujar Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6).

“Di dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden [Ukraina Volodymyr] Zelensy dan Presiden [Rusia Vladimir] Putin,” lanjutnya.

Retno menerangkan kunjungan ini dilakukan untuk menunjukkan kepedulian RI terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan imbas perang, dan mendorong perdamaian.

Tak hanya itu, Retno menyoroti bahwa Jokowi bakal menjadi presiden Asia pertama yang berkunjung ke dua negara itu di tengah perang.

“Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut,” katanya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.