Sel. Jun 28th, 2022

Langkah Bank Sentral Amerika Serikat dinilai telah mendorong terciptanya inflasi global, dan sudah saatnya ia memperbaiki kalkulasi kelirunya terkait kondisi ekonomi dunia.

Financial Times, Senin (20/6/2022) dalam artikel yang ditulis Mohamed El Erian, Presiden Queen’s College Cambridge menulis, “Bank-bank Sentral dan pasar-pasar global sedang bangkit, dan sekarang tidak tertutup bagi siapa pun bahwa kita sedang melewati sebuah kondisi keuangan yang lebih sulit.”

Menurut Mohamed El Erian, situasi keuangan saat ini bukan saja sulit bagi perusahaan, rumah tangga dan pasar, bahkan bagi para politisi.

Ia menambahkan, “Tidak bisa disangkal bahwa setelah bertahun-tahun penyuntikan likuiditas secara besar-besaran, dan mempertahankan tingkat suku bunga yang rendah, hari ini dunia harus berhadapan dengan pengetatan keuangan luas yang tidak bisa dipulihkan dalam waktu cepat.”

Mohamed El Erian percaya prediksi keliru Bank Sentral AS terkait segera berlalunya inflasi merupakan salah satu alasan utama kondisi saat ini.

“Bank Sentral AS untuk mengembalikan kredibilitasnya harus seperti Bank Sentral Eropa yang berani menerima kesalahan, dan memperbaiki kalkulasi kelirunya,” imbuh El Erian.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.