Sen. Agu 15th, 2022

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh lima target udara termasuk beberapa drone Bayraktar TB-2 milik Angkatan Bersenjata Ukraina.

Dikutip situs Defense World, Sabtu (12/3/2022), Juru bicara Kemenhan Rusia, Igor Konashenkov mengatakan, “Dalam sehari, Angkatan Udara dan sistem pertahanan udara Rusia berhasil menembak jatuh lima drone Ukraina, dua di antaranya drone Bayraktar TB-2, dan satu rudal taktis Tochka-U.”

Sebelum dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina, Turki sudah memasok sejumlah banyak drone Bayraktar untuk Kiev. Turki mengklaim, drone Bayraktar termasuk drone paling canggih di dunia.

Pesawat tanpa awak buatan Turki itu mampu membawa beban hingga 150 kilogram, dan bisa terbang hingga 24 jam. Drone ini pernah digunakan dalam perang di Libya, Suriah dan Karabakh.

Di sisi lain, Direktur Badan Ruang Angkasa Rusia, Roscosmos, Dmitry Rogozin memperingatkan, jika sanksi atas Rusia tidak dicabut, maka stasiun luar angkasa internasional mungkin saja jatuh ke bumi.

Menurut Rogozin, Rusia memberikan dukungan vital kepada Amerika Serikat di stasiun luar angkasa internasional, termasuk bantuan oksigen.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.