Sel. Jun 28th, 2022

Ini dia Bumi Perkemahan yang cocok untuk para kempingers dan para pemburu selfi yang instagramable. Tepatnya berada di Kampung Ciwaluh Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong, Kabupaten Sukabumi.

Suasananya sangat eksotik, asri dan sejuk dengan dikelilingi pohon pinus yang sesekali dihembus oleh desiran angin yang sangat romantis. Tidak jauh dari buper, mengalir sungai Cisadane yang dingin dan bening, serta hamparan sawah hijau yang luas. Saat berada ditempat ini, kita akan teringat dengan lukisan pemandangan yang pernah kita buat, saat masa Sekolah Dasar dulu.

Ternyata, bukan hanya pemandangan yang indah, disekitar Buper ini juga terdapat air terjun buatan yang tidak kalah menarik dengan yang alami. Namanya air terjun Ciawitali. Meski airnya tidak sebening aliran sungai Cisadane, tetapi masih layak untuk berbasah-basah ria dan Selfi dibawah guyuran air terjun. Selain air terjun Ciawitali, ada juga air terjun Cisadane yang benar – benar alami. Airnya bening, dingin dan cukup deras. Namun demikian belum banyak didatangi oleh wisatawan, mengingat butuh sekitar dua jam berjalan kaki untuk mencapai lokasi. Tapi pastinya cocok untuk para Matuners yang hobi tracking. Terlebih lagi disepanjang perjalanan, kita akan disuguhi oleh pemandangan indah yang bisa menghilangkan rasa lelah seperti sawah, sungai, hutan Pinus dan bukit.

Berhubung masih terbilang baru, fasilitas dibuper ini hanya ada lahan camping ground dan toilet yang tersedia. Dari tempat parkir motor, kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati persawahan. Terakhir kita menaiki anak tangga yang tidak jauh tapi cukup membuat nafas Senin – Kemis bagi yang jarang berolahraga.

Biaya untuk pengunjung harian Rp. 10.000/orang dan berkemah Rp. 20.000/orang. Bagi yang yang membawa kendaraan roda empat, tidak bisa sampai kampung Ciwaluh, mengingat belum ada akses jalan mobil. Tapi jangan khawatir, mobil bisa diparkir dikampung sebelumnya dengan biaya parkir Rp. 10.000. Selanjutnya menggunakan Ojek dengan biaya Rp. 10.000 – Rp. 15.000/orang. Tetapi jika menggunakan motor, bisa parkir hingga kampung Ciwaluh dengan biaya parkir Rp. 3.000/motor.

Ohya, ada yang menarik dari tempat ini, ternyata Kampung Ciwaluh menghasilkan Kopi yang nikmat. Sudah pasti namanya Kopi Ciwaluh. Kalian bisa dapatkan didekat perkemahan dengan harga Rp. 25.000/100gr. Jadi bisa untuk persiapan menikmati kopi Ciwaluh diatas bukit, disamping tenda sambil menikmati pemandangan alam pedesaan. Dan jangan lupa beli juga buat kenang-kenangan dirumah, atau untuk oleh-oleh Babeh biar gak jutek lihat kita pas pulang kemping.

Bagi Matuners dari Bekasi, Tanggerang dan Jakarta, arahkan mobil masuk jalan Tol Jagorawi lalu menuju tol Bocimi. Keluar di pintu Tol Caringin atau Cigombong, lalu masuk melalui SPN Lido atau Danau Lido. Selanjutnya bisa bertanya pada orang sekitar. Namun jika ingin lebih leluasa, bisa menggunakan motor dan arahkan google map ke Kampung Ciwaluh – Cigombong. Sama seperti mobil, bisa masuk lewat SPN Lido atau Danau Lido.

Di Kampung Ciwaluh ternyata bukan hanya tempat berkemah, tapi juga ada beberapa wahana kolam renang yang cocok untuk membawa keluarga. Beberapa kolam renang sederhana yang dikelola oleh swasta ini juga dibangun saung dipinggir kali, untuk sekedar lesehan keluarga sambil menunggu anak-anak bermain. Biaya masuk Rp. 10.000/orang. Makanan yang disuguhkan juga sangat menggoda lidah untuk mencobanya. Yang pasti dengan harga yang tidak berbeda dengan didekat rumah.

Ohya, untuk mempermudah rencana perkemahan, bisa menghubungi Kang Sandi nomor contact 082310166245. Kalian bisa boking tempat, pesan catring, atau sewa kebutuhan perkemahan yang lainnya.

Jadi untuk Matuners yang memang ingin berkunjung kelokasi, bisa langsung gasskeun.

Satriano Alvetris

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.