Sel. Jun 28th, 2022

SijiNews – Puluhan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam Aliasi Kader HMI Cabang Pandeglang, Selasa (08/01) melakukan aksi protes dan memboikot forum Konferensi Cabang (Konfercab) Ke X11 yang diselenggarakan di Sekolah Alam, Cisata, Kabupaten Pandeglang.  

Aksi protes dan pemboikotan forum Konfercab Ke XII itu, bermula dari adanya dugaan kesewenang-wenangan dari pihak panitia yang terdiri dari Steering Comite (SC) dan Organizing Comite (OC) Konfercab ke X11 pada peserta dari Komisariat Persiapan. Dimana peserta dari Komisariat Persiapan yang seharusnya menjadi utusan peninjau, tidak diperbolehkan memasuki dan mengikuti forum Konfercab.

Sekretaris Umum HMI Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Babunajah (Staibana), Ali Zamiludin mengatakan, pihaknya bersama seluruh komisariat HMI Cabang Pandeglang, sangat menyayangkan, dengan kebijakan panitia Konfercab Ke XII yang dinilai tidak paham dengan Konstitusi, sebagai aturan main di organisasi Hijau Hitam itu.  

Menurutnya, Pelaksanaan Konfercab Ke XII HMI Cabang Pandeglang ini cacat secara konstitusional dan terkesan dipaksakan tanpa persiapan yang matang.

“Konfercab ini secara konstitusi tentu cacat yah. Itu disebabkan karena, tidak ada persiapan yang matang. Oleh karena itu, kami memboikot acara ini dan meminta agar SC dan OC sebagai panitia, itu dipecat. Kami minta agar SC dan OC ini mundur, karena terlihat bingung dan ling lung,” kata Ali Muzamil, Selasa (08/01) di Cisata.

Mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) HMI Hasil Kongres Ke 31 di Surabaya. Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga (ART) terkait Tata Tertib Konferensi Cabang/Musyawarah Cabang. Ayat (3) disebutkan bahwa: 

“Peserta Utusan Konferensi Cabang adalah utusan Komisariat Penuh, Sedangkan Peserta Peninjau Terdiri dari Komisariat Persiapan, Kohati Cabang, BPL Cabang, LPP Cabang, Balitbang Cabang, Korkom, dan Undangan Pengurus Cabang”

Sementara itu pada ayat (5) disebutkan bahwa, peserta utusan Konferensi Cabang/Musyawarah Cabang meliputi, Peserta Utusan (Komisariat Penuh/Anggota Biasa)  mempunyai hak bicara dan suara, sedangkan utusan peninjau mempunyai hak bicara.  

Diketahui saat ini agenda Konferensi Cabang (Konfercab) Ke XII HMI Cabang Pandeglang, sudah berjalan dan memasuki pembukaan sidang pleno I. 

Sementara itu, saat proses sidang berlangsung, puluhan Kader HMI Cabang Pandeglang, menggelar aksi protes dan memboikot forum Konfercab HMI Ke XII tersebut.  

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak Steering Comite dan Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang, selaku Penanggung Jawab Umum Pelaksanaan Konfercab HMI Ke XII.

By Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.